Selasa, 29 Juni 2010

Ber-Musik TOTAL !!!



Dulu, Sekarang

Dulu, saya pikir jika saya dan band saya berhasil merilis sebuah album rekaman, maka saya telah sukses. Kesuksesan bermusik waktu itu yang ada di pikiran saya adalah sebuah album rekaman. Maka tak jarang waktu kami banyak dihabiskan didalam studio. Membuat lagu dan merekamnya. Tapi ternyata itu salah!

Seiring perkembangan industri musik yang semakin menggila, nampaknya industri ini masih akan menjadi favorite 5-10 tahun mendatang. Band-band baru banyak bermunculan, baik itu grup maupun solois, dengan berbagai macam keunikan yang diusungnya. Ditambah mereka semua juga telah mempunyai album rekaman yang siap bersaing di pasaran. Pendengar musikpun akhirnya disuguhi bermacam-macam pilihan. Mau nge-pop ada, mau retro ada, mau disco ada, mau yang vokalisnya ganteng atau cantik pun banyak. Belum lagi ditambah penetrasi album-album dari artis internasional. Lalu kapan band kami bisa di cap sukses -jika album rekaman menjadi tolok kesuksesan- 'kan saat ini semua orang bisa kok membuat album rekaman sendiri (thx for the exploitation of digitech).

Inilah fenomena yang aku lihat sekarang. Banyak band-band atau solois baru bermunculan. Dengan pongahnya meskipun baru merilis satu album, mereka sudah minta ‘dihargai’ tinggi. Atau mereka berpikir bahwa dirinya sudah dikontrak oleh label rekaman maka siapapun bakal mengejarnya. Kayaknya mereka keliru (atau malah) tidak menyadarinya.

Sebagai satu kasus yang membuat saya tersenyum-senyum sendiri ketika saya tanya ke sebuah band baru tentang musik yang mereka usung di album ini seperti apa, ajaibnya mereka hanya menjawab, “Ya gitu deh mas..!”. Lho? Begitunya ‘gimana? Pendengarnya kan butuh gambaran seperti apa musiknya. Sebelum akhirnya pendengar itu memutuskan untuk membeli albumnya. Tapi si band tadi punya senjata pamungkas yang handal untuk menjawabnya, “Makanya beli dulu album kita, nanti tau deh lagunya gimana,, enak kok!”

Wah, edan juga nih band. Memangnya yang rilis album cuma band dia aja? Saya sendiri masih punya bertumpuk CD yang belum sempat saya dengar karena saking banyaknya orang merilis album.

Sekarang ini, pendengar musik akan banyak pertimbangan sebelum merogoh koceknya untuk membeli sebuah album rekaman. Belum lagi kalau materi album kita cuma layak masuk kategori “so-so”, wah harapan untuk menjadi band yang dikenal oleh banyak orang bakal semakin tipis deh. Lalu apalagi yang diharapkan kalau hanya mengandalkan materi album tanpa ada keberanian dalam strategi memperkenalkan album tersebut?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar