Kamis, 22 April 2010

JADIKAN RINTANGAN SEBAGAI PELAJARAN HIDUP KITA

Kita harus menyadari betul bahwa apa pun kondisi yang kita hadapi, kesulitan akan selalu ada. Siapa yang kuat menghadapinya maka dia akan menjadi pemenangnya. semua yang telah saya hadapi, memberikan satu titik terang dimana rasa percaya diri dalam menghadapi segala permasalahan maupun kesulitan akan membawa dampak yang berarti dikemudian hari. Hanya saja waktunya yang membedakan antara satu individu dengan individu lainnya.

Letakan Permasalahan itu Pada Tempatnya
Sebenarnya kunci dari kekuatan seseorang dalam menghadapi beragam masalah terletak pada kemampuannya memahami masalah itu dengan cara yang realistis, praktis dan pandangan yang positif. Lalu bagaimana menciptakannya ?, salah satu caranya adalah dengan menerapkan beberapa hal yang diuraikan berikut ini:

Masalah adalah satu ciri dari orang hidup. Kasarnya, jika Anda tidak ingin mempunyai masalah berarti Anda menginginkan kematian. Jangan menganggap bahwa kekayaan, posisi yang bagus atau lingkungan kehidupan yang high class menandakan bahwa Anda tidak mempunyai masalah. Sebuah pandangan salah jika Anda berpikiran seperti itu. Masalah bisa timbul kapan saja, bisa datang pada siapa saja, dan bisa diselesaikan dengan beragam cara. Tidak semua orang sama menyelesaikan masalahnya dalam permasalahan yang serupa. Semua tergantung pada pola pemikirannya.

Setiap masalah pasti akan berakhir
Saat tersulit adalah saat di mana kita berhadapan dengan masalah. Tapi tidak akan menjadikan stress bagi si pemilik masalah itu, jika dia bisa menelaah akar permasalahan yang dihadapinya. Toh, solusi bisa diambil jika tahu masalah sebenarnya itu apa. Menghadapi masalah akan sangat menguras tenaga dan pikiran. Semua terkuras untuk menemukan jalan keluarnya. Jelas memang, tak ada seorang pun bisa bebas dari yang namanya masalah. Adalah kebohongan jika siapa pun dia mengaku kalau dia tidak pernah bermasalah. Itulah yang dinamakan kehidupan penuh ilusi dan khayalan. Saat-saat seperti inilah dituntut kekuatan emosi dan mental hingga tidak salah dalam menetapkan keputusan. Ada perasaan yang tidak enak, gelisah, bahkan cenderung pada pola-pola pemikiran yang tidak baik saat masalah yang dihadapi tidak kunjung memberikan solusi.

Cobalah merenung, cari sedalam-dalamnya apa konteks permasalahan itu. Selama perenungan itu, hindarilah konteks dengan orang yang membuat masalah. Semisal jika Anda berselisih paham dengan pasangan Anda, jika memang pasangan Anda menginginkan dia berdiam diri dulu atau tidak mau diganggu. Cobalah menghargai keinginannya. Anda jangan mendesaknya! Biarkan sampai emosi masing-masing pihak mereda, hingga saat pertemuan terhindar dari perkataan-perkataan yang menambah runcing permasalahan.

Hidup adalah pilihan dengan beragam konsekuensinya, dan masalah adalah bagian konsekuensi yang di Semua tergantung dari para pelakunya. Namun jangan pernah sekali pun menyalahkan kondisi atau siapa pun akan kehadiran masalah dalam hidup ini, sebab sebesar apa pun masalah pasti akan ada penyelesaiannya sekali pun itu menyakitkan. Yang jelas selalu ada hikmah di dalamnya.

Jika Anda siap menghadapi kehidupan berarti Anda siap menghadapi masalah. Berarti juga Anda meyakini bahwa masalah atau masa-masa sulit tidak akan pernah berakhir dari kehidupan, namun yakinkan diri bahwa jika bersabar, dan giat pasti permasalahan itu akan berhasil teratasi.


semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar