Senin, 19 Juli 2010

Tips-tips dalam menciptakan lagu

1)Buatlah dirimu dalam keadaan hati yang beranekaragam. Jika kamu sedang sedih, pasti akan lahir lagu yang sedih. Sebaliknya, jika kamu sedang gembira pasti akan lahir lagu yang gembira.
2)Jika ingin membuat lagu bertema cinta, usahakan dirimu pernah punya pengalaman dalam berpacaran. Itu akan mempermudahkan kamu dalam mencari lirik lagu yang akan kamu buat. Apalagi pengalaman yang menyakitkan (terkhianati atau yang lainnya), pasti dalem banget tuh makna lagunya. Bisa juga inspirasinya dari curhatan orang lain, tinggal nunggu kreativitasmu saja yang berjalan.
3)Yang tak kalah pentingnya adalah mood kamu pada saat itu. Mood sangat mempengaruhi dalam pembuatan lagu.. Jika mood kamu lagi jelek, mendingan jangan dulu buat lagu. Dijamin lagu tersebut akan kacau balau.
4)Setidaknya mempunyai satu alat musik yang bisa membantu kamu. Tapi yang paling sering digunakan orang pada umumnya yaitu gitar, ada juga yang menggunakan piano. Tergantung dari selera dan keahlian kamu berada dimana.
5)Sebisa mungkin jadikan suaramu bagus, paling tidak yang standar-standar saja asalkan jangan falls (terkecuali kalo kamu PD abis). Kalau suaramu jelek, biasanya kamu cenderung malas atau ragu untuk membuat lagu karena sudah tidak percaya diri lagi dengan suara jelekmu tadi dan timbul anggapan “aku pasti takkan sanggup”.
6)Sering-sering bersenandung irama bebas (tapi jangan terlalu berlebihan) dan secara spontan, karna itu bisa menjadi awal kamu mendapatkan inspirasi dalam mencari nada (aransemen) lagunya.
7)Jika kamu ingin buat lagu, pastinya kamu harus suka dengan musik terlebih dahulu. Tanpa itu kamu akan kesulitan dalam prosesnya bahkan tak akan ada timbul rasa ingin membuat lagu tersebut.

Mungkin hanya ini dulu yang bisa kulakukan untuk membantu kamu semua dalam menciptakan lagumu sendiri. Teruslah semangat, tingkatkan kreativitasmu, dan jangan cepat berpuas diri. Selamat mencoba dan semoga berhasil….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar