Sabtu, 14 Agustus 2010

Greg Howe

Nama : Greg Howe
Website : www.greghowe.com
Gitar : ESP Stratocaster, custom guitar, Gibson Les Paul, Fender Telecaster, Takamine EC132SC
Pengalaman Band : Duke, Howe II
Pengaruh Musikal : Eddie Van Halen, Steve Morse, Allan Holdsworth
Label Rekaman : Shrapnel Records


Greg Howe mulai bermain gitar pada usia 10 tahun. Pengaruh untuk menjadi seorang gitaris rock ia dapatkan dari grup rock Van Halen. Pada masa remajanya ia bermain bersama bandnya yang mengusung aliran rock di beberapa club bersama kakaknya, Al yang menjadi vocalis. Tahun 1988, pemilik label rekaman musik-musik heavy metal, Mike Varney menawarkan Greg untuk rekaman album setelah mendengar demonya. Mike Varney yang saat itu memiliki banyak gitaris-gitaris neoclassic shredd yang bernaung di labelnya memiliki sebuah pilihan baru dengan hadirnya Greg yang memainkan warna musik yang lebih ngefunk, fusion, dan cukup jazzy.

Album pertamanya berjudul 'Greg Howe' direlease. Album tersebut menampilkan Billy Sheehan pada bass dan Atma Anur pada drum. Nama Greg Howe kemudian ikut membanjiri nama-nama gitaris heavy metal yang telah lebih dulu hadir. Satu tahun berikutnya ia ikut dalam rekaman album kompilasi berjudul 'High Gear'. Album ini bukan sebuah album solo, melainkan album bersama grupnya Howe II yang ia bentuk bersama kakaknya, Al Howe. Yang menarik, album ini juga menampilkan Mike Vaney dan Jason Becker pada vocal.

Tahun 1990, album 'Now Hear This' bersama grupnya Howe II direlease. Kemudian Greg merelease album solo keduanya 'Introspection' tahun 1993. Album-album berikutnya adalah Uncertain Terms (1994), Parallax (1995), Five (1996), Ascend (1998), Hypercuity (2000). Pada tahun 1995, Greg pernah merilis album duet dengan Richie Kotzen. Album kolaborasi tersebut diberi judul Tilt. Kerjasama ini berlanjut pada tahun 1997 saat merka berdua merelease album 'Project'.

Selain sebagai solo player, Greg juga pernah menjadi pendamping Jennifer Batten sebagai gitaris Michael Jackson dalam promo tur album History. Selain Michael Jackson, Greg juga pernah menjadi gitaris dari penyanyi ganteng Enrique Iglesias pada turnya tahun 2000. Kemudian mendampingi grup vocal N'SYNC tahun 2001 hingga 2002. Setelah itu ikut dengan Justin Timberlake dalam promo albumnya. Dari segi pengalaman, Greg memang cukup kenyang bermain dengan penyanyi-penyanyi Top 40.

Salah satu album Greg yang menarik yaitu album Extraction yang menampilkan salah satu dewa bass Victor Wooten, dan drummer Dennis Chamber. Ia juga pernah bermain dengan banyak musisi dunia mulai dari Michael Jackson, Santana, Vitalij Kuprij, Tetsuo Sakurai, James Murphy, dll. Sebuah album kompilasi berjudul 'A Guitar Supreme' juga turut ia hadiri. Di album itu ia menampilkan satu nomor berjudul 'Giant Steps'. Selain Greg, album itu juga menampilkan master-master gitar seperti Steve Lukather, Frank Gambale, Eric Johnson, dll.

Tahun 2004 Greg turut mengisi part gitar pada album solo Jordan Ruddes yang berjudul 'Rhythms of Time'. Selain dirinya masih ada Joe Satrani, Vinnie Moore, Steve Morse, dan beberapa musisi lainnya. Ia juga termasuk gitaris yang punya jadwal sangat sibuk. Ia banyak tampil di berbagai klinik, pameran musik, kolaborasi, dan beberapa tur kecil diseluruh dunia. Sebuah video lesson Greg Howe sangat layak untuk dikoleksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar